Jangan Mudah Tergiur dengan Bisnis Online Cepat Kaya Hati – Hati Penipuan Terselubung

Banyaknya bisnis online saat ini, termasuk saya yang menggelutinya, membuat perputaran uang di Indonesia makin cepat. Bisnis online yang menjual produk kebutuhan seperti di Multiply, tokobagus, dan toko-toko online seperti milik saya (Qorry Felt) bisa dibilang bisnis halal dengan sistem marketing yang luar biasa. Jasa-jasa ekspedisi jadi kecipratan rezeki juga.

Kenapa saya bilang halal? Memang ada yang tidak halal? Wallahu ‘alam. Tapi menurut saya bisnis online yang menjual ebook, yang menawarkan Smart Machine System, cepat kaya jadi jutawan, script penghasil uang, dan sejenisnya adalah lebih banyak menipu. Berhati-hati untuk para newbie (pemula) adalah langkah yang bijaksana. Tidak perlu cepat tergiur dengan gambar-gambar screenshoot yang menunjukkan rekeningnya kebanjiran uang. Itu bisa dimodifikasi dengan Photoshop atau sejenisnya.

blog bisnis

Kebanyakan bisnis online dengan sistem SMS (Smart Machine System) meminta calon member agar mentransfer uang terlebih dahulu, setelah itu dijanjikan akan mendapat uang masuk dengan usaha dan ketekunan, tanpa perlu membuat website, tanpa menjual ebook, bukan sistem MLM, dan rayuan bohong lainnya untuk menarik orang yang ingin mendapatkan uang sambilan dengan mudah. Tapi setelah uang ditransfer, kemungkinan yang terjadi adalah SMS anda tidak dibalas oleh si penipu. Atau bisa jadi anda didaftarkan jadi member tapi setelah didaftarkan ternyata harus mendownload ebook, software, system pengumpul uang, sistem mencari duit, dan istilah tipuan lainnya yang dibuat oleh pebisnis online tipuan tersebut. Setelah itu anda diharuskan membeli hosting dan domain untuk menjalankan software tersebut agar uang bisa lancar mengalir seperti gambar yang ditampilkan di website penipu tersebut. Berarti anda harus mengeluarkan uang lagi, bukan? Padahal di awal dia menjanjikan tidak perlu membuat website, tidak menjual ebook, dan kebohongan lainnya. Tapi kenyataannya yang penting uang calon member masuk duluan, setelah itu SMS dan komplain anda tidak akan direspond.

Bagaimana jika orang awam yang merasa tidak bisa membuat website merasa sistem tersebut adalah cara yang tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Tentu saja mereka akan berpikir mereka telah ditipu. Beda dengan orang yang mengerti pembuatan internet, maka mereka akan melakukan penipuan juga ke orang lain karena mereka telah ditipu. Begitu seterusnya…. Naudzubillah… Semoga kita terhindar dari perbuatan kotor tersebut. Amin.

Berbeda dengan bisnis online tipuan, Toko online yang menggunakan Content Management System (CMS) dari Prestashop, Virtuemart, Cubecart, Magento, dsb, sangat marak akhir-akhir ini. Mulai booming semenjak adanya Facebook. Mereka berjualan lewat foto dengan cara men-tag foto produk dan memberikan penjelasan dalam deskripsinya. Penjualan dengan cara begini menurut saya sah-sah saja. Yang berbeda dengan penjualan sistem konvensional adalah cara memasarkannya saja. Namun sebagai pedagang kita harus jujur, jelaskan produk secara detil, ungkap kekurangan (jika ada) dan kelebihannya. Jangan seperti penjual ebook, software pencari uang, dsb itu… hehehe,,, Mereka bilang tidak perlu membuat website, tinggal tunggu uang mengalir ke rekening, tapi setelah mentransfer untuk menjalankan software tersebut diperlukan website.

“ Para pedagang pada hari kebangkitan akan di bangkitkan sebagai pelaku kejahatan,
kecuali mereka bertaqwa kepada Allah, jujur dan selalu berkata benar”
(HR. Tarmizi, Ibnu Majah. Darimi dan Baihaqi).

“Semoga Allah Jadikan kami Sebagai Pedagang Yang Amanah”

Di salin dari : www.blog.indoislamicstore.com

Iklan

3 comments on “Jangan Mudah Tergiur dengan Bisnis Online Cepat Kaya Hati – Hati Penipuan Terselubung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s